Apa yang Dilakukan Seorang Digital Marketer ?

Digital marketer bertanggung jawab untuk mengangkat brand (brand awareness) dan mengumpulkan data customer (lead generation) melalui semua media gratis dan berbayar yang digunakan. Media ini termasuk media sosial, situs web Anda, Google, email, iklan.

Digital marketer biasanya berfokus untuk membuat cara kerja atau sistem kerja pemasaran dengan sistem digital/online. Digital marketer yang bertanggung jawab atas SEO, misalnya, mengukur “traffic organik (pengunjung yang datang ke web anda tanpa berbayar)” situs web Anda dari jumlah pengunjung situs web yang berkunjung ke halaman situs web Anda melalui pencarian.

Digital marketing terbagi oleh beberapa peran marketing, pada perusahaan kecil atau besar memerlukan peran masing – masing digital marketing. Jadi ada Beberapa peranan yang ada di Digital marketing yaitu:

  • Manager SEO
    Standar KPI (Indikator Peforma): Traffic Organic = orang yang datang ke website Anda tanpa berbayar
    Singkatnya, manajer SEO memiliki Goal untuk meningkatkan peringkat website Anda di Google. Menggunakan berbagai pendekatan untuk mengoptimalkan peringkat di mesin pencarian, orang ini mungkin bekerja secara langsung dengan pembuat konten untuk memastikan konten yang mereka hasilkan berkinerja dengan baik di Google – bahkan jika perusahaan juga mengupload konten ini di media sosial.
  • Spesialis Konten Marketing
    Standar KPI : Mengatur jadwal waktu, traffic blog secara keseluruhan, pelanggan akun media Youtube.
    Spesialis konten marketing adalah pencipta dari konten digital. Dimana membuat konten yang menarik agar penawaran Anda bisa diminati oleh calon customer. Konten tersebut bisa berupa tulisan, gambar, hingga video.
    Spesialis konten marketing juga membuat daftar konten apa yang cocok dengan penawaran Anda, dan memastikan konten tersebut bisa diluncurkan untuk campaign.
  • Manager Sosial Media
    Standar KPI: Jumlah Shares, Followers, Likes, Views
    Tugas sebagai Manager Sosial Media yaitu mengembangkan strategi untuk mengupload konten pada media sosial hingga berkomunikasi secara langsung kepada calon customer. Mulai dari menyebarkan artikel, video hingga apapun yang memang dibutuhkan calon customer.
    Manager media sosial biasanya bekerja sama dengan spesialis konten marketing. Cara kerjanya dimana yang membuat konten adalah tim spesialis konten marketing sedangkan untuk menyebarkan konten yang bertugas adalah manager media sosial.
  • Koordinator Otomasi Pemasaran
    Koordinator otomasi pemasaran membantu untuk memilih dan mengelola perangkat lunak yang memungkinkan seluruh tim pemasaran memahami perilaku calon customer Anda dan mengukur pertumbuhan bisnis Anda. Karena banyak operasi pemasaran yang dapat dijalankan secara terpisah dari satu dengan yang lain, penting bagi Anda untuk menjadi seseorang yang dapat mengelompokkan aktivitas digital ini ke dalam campaign individu dan melacak setiap kinerja campaign.